TIPS MENGAJAR MENARIK

Pernahkah anda mengalami kendala mengajar karena siswa-siswi kita bingung atau tidak memahami dengan penjelasan kita? Atau kita sendiri yang kebingungan karena tidak mengetahui bagaimana cara menyampaikannya pada mereka? Mengajar saja tidaklah cukup karena kita seringkali dihadapkan bagaimana mengajar agar menarik sehingga para siswa akan lebih mau dan betah untuk mendengarkan pelajaran. Pada awal-awal jam pertama hal itu tidaklah sulit tapi bagaimana pada jam-jam siang. Konsentrasi anak seringkali terpecah atau mengalami kebosanan tatkala materi pelajaran diberikan. Nah disinilah guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Gurulah yang berperan penting tatkala ada di dalam kelas. Lalu bagaimana caranya agar mengajar kita menarik?

Pertama: Berikanlah brainstorming dahulu pada para siswa. Ajaklah anak untuk senam otak. Tujuannya anak dilatih untuk menggunakan otak kiri dan kanan secara seimbang. Karena kadang-kadang kita lebih sering menggunakan otak kiri saja. Otak kiri mempunyai wilayah kerja pada tulisan, angka, logika dan hitungan sedangkan otak kanan pada imajinasi, musik, warna emosi, bentuk dan kreatifitas. Caranya dengan menggerakkan jari kelingking kiri dan ibu jari kanan pada saat bersamaan sambil bergantian dengan jari kelingking kanan dan ibu jari kiri. Hal itu dilakukan kurang lebih 1-2 menit. Cara lain yaitu tangan kiri memegang hidung tangan kanan memegang telinga kiri secara bergantian dengan tangan kanan memegang hidung tangan kiri memegang telinga kiri. Waktunya sama hanya gerakannya saja yang perlu divariasikan secara rileks.

Kedua: Berikanlah anak pertanyaan-pertanyaan yang akan mengarah ke materi pelajaran. Jangan lupa tetap dalam kondisi yang fun.

Ketiga: Buatlah modelling atau pergunakan alat peraga. Seringkali kita mengabaikan hal ini. Mengapa? Karena memang memerlukan banyak waktu dan tenaga untuk membuatnya. Tapi itu justru membuat kita lebih mudah untuk menyampaikan kepada anak. Pengajaran dengan bantuan visual akan lebih menarik dan tidak membosankan. Lebih bagus lagi kalau disertai gambar dan variasi warna.

Keempat: Lakukanlah pengulangan-pengulangan atau drill pada materi yang memang benar-benar perlu. Misalnya tentang rumus. Hal ini bisa dilakukan untuk anak secara personal/keseluruhan.

Kelima: Berikan kesempatan pada anak untuk berlatih dan mengasah kemampuannya melalui latihan-latihan soal yang diberikan. Hal ini dapat menggunakan gambar-gambar yang disiapkan terlebih dahulu yang dikemas dalam permainan.

Keenam:
Jangan lupa berikanlah reward untuk anak karena dapat menunjukkan kemampuannya. Bisa berupa tepuk tangan atau tanda bintang pada dinding penghargaan.

Ketujuh: Rayakanlah sebelum pelajaran usai dengan nyanyian atau puisi yang dibuat sebelumnya sesuai dengan materi yang telah disampaikan tadi.

Apabila kita sudah melakukan semua ini, saya yakin segala usaha kita tidaklah si-sia. Berikanlah yang terbaik buat anak didik kita selagi kita mau dan mampu melakukannya. Selamat mencoba dan berkreasi.

Sumber : Tips Mengajar Menarik