GURU PROFESIONAL DAN PEMBELAJARAN

Pekerjaan mengajar di sekolah adalah pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus. Sebagai kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan potensi anak yang sedang mengalami perkembangan, maka seorang guru harus benar-benar ahli dalam tugasnya. Dengan kata lain jiwa dan semangat seorang guru yang mempunyai keahlian dan mengutamakan untuk mengabdi kepada nilai-nilai kemanusiaan melalui pembelajaran di sekolah.

Profesionalisme berasal dari kata profesi. Manan (1989) berpendapat bahwa profesi adalah kedudukan atau jabatan yang memerlukan ilmu pengetahuan dan keterampilan khusus yang diperoleh melalui pendidikan yang bersifat teoritis disertai praktek. Disini dapat dipahami bahwa profesi adalah suatu pekerjaan yang didasarkan pada pendidikan dan pelatihan dengan tujuan memberikan layanan dengan keahliannya kepada orang lain dengan imbalan atau gaji tertentu. Dengan penjelasan di atas, maka sangatlah jelas bahwa guru yang pekerjaannya mengajar merupakan profesi dalam bidang pendidikan.

Profesionalismme dalam bidang pendidikan merupakan seperangkat tugas dan fungsi dalam lapangan pendidikan berdasarkan keahlian. Para guru yang professional memiliki kompetensi keguruan berkat pendidikan atau pelatihan di lembaga pendidikan guru dalam jangka waktu tertentu.

Perubahan yang cepat berimplikasi pada nilai-nilai yang diyakini masyarakat.Hal ini merupakan tantangan para guru agar anak tidak kehilangan karakter bangsa. Peranan guru dalam menentukan nasib bangsa tidak bisa diabaikan karena guru merupakan ujung tombak bagi keberhasilan ujung tombak bagi keberhasilan pendidikan dan pengajaran di setiap sekolah. Konsekwensinya adalah keberhasilan program pendidikan mutlak diperlukan ketersediaan guru yang professional. Peranan guru-guru yang profesional sangant penting dalam menuntun proses pendidikan sehingga nilai-nilai baru tidak sampai mengikis nilai budaya bangsa sehingga benar-benar mantap sejak dari pendidikan dasar sebagai bekal hidup anak menghadapi perubahan zaman.

Jadi diperlukan pengembangan tingkat profesional guru-guru dalam menjawab tantangan pergeseran nilai dan kemajuan teknologi di bidang pendidikan. Maka diperlukan upaya mengarahkan pengembangan guru, sebuah pribadi yang mampu mengubah energi menjadi cahaya. Menurut Porter, dkk (1999), seorang guru yang memiliki kemampuan komunikasi, digabungkan dengan rancangan pengajaran yang efektif, akan memberikan pengalaman belajar dinamis bagi siswa.