PENGOBATAN UNTUK KANKAER LAMBUNG

TUKAK lambung atau yang sering disebut sakit maag oleh masyarakat awam, salah satu penyebabnya adalah infeksi kuman helikobakter pilori.Separuh dari orang yang terinfeksi kuman ini, dapat mengakibatkan terjadinya kanker lambung. Walau banyak orang yang terinfeksi kuman ini, tidak mengalami keluhan apapun, tapi kuman ini dapat menyebabkan terjadinya tukak lambung dan kanker lambung.

Kuman H Pilori ini paling sering ditemukan dalam lambung, pada lapisan luar mukosa lambung, jarang pada lapisan yang lebih dalam.

Para peneliti mencoba mencari penyebabnya, mengapa kuman ini jarang dapat hidup di lapisan dalam. Ternyata suatu bahan kimia, yang disebut Alfa 1,4-N-Asetilgluseamin ditemukan di lapisan dalam mukosa lambung, tapi tidak di lapisan luarnya.

Kuman H Pilori yang terkena bahan kimia ini akan menjadi kehilangan bentuknya, menjadi tidak bergerak lagi, dan akhirnya mati. Efek yang ditimbulkannya ini, serupa dengan efek antibiotika, yang dapat melawan dan menghancurkan dinding sel kuman.

Peneliti juga menemukan bahwa jenis kolesterol tertentu, yang disebut Kolesteril-Alfa-D-Glukopiranosid, membantu kuman H Pilori untuk berkembang. Kedua penemuan ini akan membantu para peneliti merancang obat, yang dapat digunakan untuk mengobati tukak lambung dan mencegah kanker lambung yang disebabkan oleh kuman H Pilori ini. (isc)

Sumber : Koran Harian FAJAR